BACKPACKING SURABAYA-BANDUNG : DAY 6-7

(Un)happy ending. 


Ini bisa gak harinya disuruh mundur empat langkah ke belakang?

Akhirnya hari ini saya udah harus ninggalin Bandung. I surely will miss this city soooooooooo much. Kangen sama udaranya yang sejuk. Kangen sama gedung-gedung tuanya yang keren. Kangen Kawah Putih. Kangen dipanggil Neng. Huhuhu...

Tadinya saya mau balik ke Surabaya pake bus juga. Tapi saya masih penasaran naik kereta api. Jadi waktu ngiter-ngiter di Jl Braga dan lewat Alfamart, saya mampir coba-coba pesen tiket. Eh, dapet KA Ekonomi Pasundan, harga tiketnya Rp 38 ribu plus biaya administrasi Rp 6 ribu, jadi Rp 44 ribu. Lebih murah dibanding pesen via call centre 121 [+Rp 7.500] atau tiket.com [+Rp 10 ribu].

KA Pasundan berangkat jam 06.05 pagi dari Stasiun Kiaracondong. Gak perlu bingung naik apa ke stasiun, jam setengah lima subuh di Bandung angkot udah seliweran. Dari Dago naik angkot Riung-Dago langsung turun depan stasiun. Atau angkot Ciburial-Cicaheum [kalo gak salah] tapi dua kali ganti angkot. Turun di Jl Pahlawan trus sambung jurusan Kalapa. Sekitar 15 menit itu udah nyampe stasiun.

Stasiun Kiaracondong
KA Pasundan
Kesan pertama sama KA Pasundan lumayan bagus. Dingin. Beberapa pedagang asongan bolak-balik nawarin makanan, katanya buat jaga-jaga karena kalo kereta jalan nanti gak ada yang jualan lagi. Kereta berangkat tepat waktu. Kursi samping kanan kiri saya kosong. Nice.

Tengah hari, saya mulai stres. Kereta brenti di beberapa stasiun kecil dan menaikkan penumpang. Lama-lama suasana di dalem kereta jadi sumpek. Panas. Gerrrraaaah. Ventilasi harus ditutup karena suka ada yang iseng ngelempar batu.

Sepanjang perjalanan itu dua kali kereta dilempari, salah satunya pas kena ventilasi di atas kepala saya. Kacanya sampe retak. Kalo pas ventilasinya dibuka, mungkin yang retak kepala saya.

Tapi kalopun ventilasinya dibuka gak ngaruh juga, anginnya gak kerasa. Cuaca di luar terik banget. Sempet hujan sebentar sorenya, tapi gak ada efeknya, tetep aja dalem kereta gerah. Mungkin gitu rasanya kepanggang di oven.

Btw sesuai aturan sekarang penumpang yang gak bertiket dilarang naik kereta, artinya pedagang asongan gak boleh ada di gerbong saat kereta jalan. Tapi nyatanya sepanjang jalan itu pedagang asongan berseliweran.

Mestinya saat kereta mau jalan mereka harus turun, tapi sebagian nekat bertahan. Supaya petugas gak curiga, barang dagangan disembunyikan di bawah jok atau dibungkus karung. Trus mereka bertingkah seolah-olah sebagai penumpang, misalnya beli minuman dari pedagang lain. Kalo udah aman, barulah mereka beraksi. Saat ada pemeriksaan tiket, mereka pindah dari satu gerbong ke gerbong lain.

"Kita cuma mau cari yang halal," lirih salah seorang bapak-bapak yang berjualan sendal di kereta.

Setelah gonta-ganti posisi duduk, mulai kaki di bawah sampe kaki ke atas, akhirnya kereta sampe juga di perhentian terakhir, Stasiun Gubeng Surabaya. Itu udah jam setengah dua belas malem. 17,5 jam.

Kalo sesuai jadwal mestinya sih kereta sampe jam 22.05. Dari awal saya gak niat nyari penginapan, pengen kayak backpacker-backpacker gitu, jadi saya nginep di musala stasiun. Sebenernya ada tulisannya dilarang tiduran di musala, tapi gak ada yang negur tuh.

Kalo mau cari penginapan, di sekitar stasiun banyak. Mulai yang elit kayak Hotel Sahid, sampe Hotel Sparkling yang katanya hotel backpacker. Dua hotel ini jaraknya cuma beberapa menit jalan kaki dari Gubeng.

Hari ketujuh atau hari terakhir backpacking di Surabaya, saya gak banyak jalan-jalan. Cuma maen-maen ke Monumen Kapal Selam [Monkasel] dan Mesjid Cheng Ho. Monkasel letaknya pas di seberang Gubeng. Buka mulai jam 8 pagi, HTM Rp 5 ribu.

Monkasel

Kalo Mesjid Cheng Ho lokasinya agak tersembunyi. Saya jalan kaki ngikuti papan petunjuk, itu rasanya gak nyampe-nyampe. Pas nyampe, jujur agak kaget liat penampakan mesjidnya. Biasanya mesjid-mesjid terkenal itu megah dan wah, tapi ini mesjidnya biasa aja dan mungil.

Mesjid Cheng Ho
Jam 12.00 saya udah siap-siap ke bandara. Pesawat saya sebenernya berangkat jam 16.30, tapi saya trauma pengalaman hari pertama ditinggal bus. Itu masih mending, kalo ditinggal pesawat kan gawat. Lagian saya agak kurang mood jalan-jalan di Surabaya.

Cuacanya kurang bersahabat buat pejalan kaki. Saya juga agak kesulitan nyari informasi rute-rute angkot di Surabaya, katanya di sana angkot kurang populer. Orang banyak naik kendaraan pribadi atau gowes.

Karena gak tau mesti nunggu bus ke Bungurasih dimana, saya lalu naik angkot ke Terminal Jayabaya. Dari situ baru naik Damri ke Bungurasih, sambung ke Bandara Juanda, perjalanannya kurang lebih 2 jam. Eh udah cepet-cepet ke bandara, ternyata pesawatnya delay sampe jam 18.05. Aaaargh!

Tapi itu belum seberapa. Pas udah masuk pesawat, udah duduk manis, udah pasang seatbelt, si pramugari juga udah siap meragain prosedur keselamatan, tau-tau si pilot bilang penerbangan harus ditunda karena ada kerusakan pada landasan pacu bandara Syamsudin Noor di Banjarmasin. Perbaikan diperkirakan memakan waktu 3 jam. Maaaaaaaaaaaakkkkk! Yang bener aja! Jam berapa nyampenya? Saya pulang ke rumah naik motor loh Pak Pilot!

Akhirnya para penumpang yang tadinya udah happy bakal segera terbang pada keki karena disuruh turun lagi. Pesawat dijanjikan berangkat pukul 21.40. Sampe lewat jam 22.00, gak ada tanda-tanda. Harinya hujan pula. Saya cuma tiduran sambil berdoa mudah-mudahan bisa pulang hari itu juga. Soalnya besok udah masuk kerja.

Tapi penumpang yang lain mulai emosi. Sampe adu mulut dengan petugas bandara. Apalagi katanya ada beberapa pesawat udah bisa landing di Syamsudin Noor. Untungnya belom sampe gampar-gamparan, kami diberangkatkan juga. Plus kompensasi karena delay lebih dari 4 jam. Ada yang dapet Rp 300 ribu ada yang Rp 700 ribu. Wuuuuuuiiiiihhhhh ;D

Saya gak liat jam lagi waktu pesawat berangkat. Alhamdulillah sampe dengan selamat. Saya langsung pulang ke rumah naik motor, di tengah hujan gerimis, syukur jalanan gak sepi-sepi amat. Saya nyampe rumah itu ternyata udah jam setengah empat subuh! 

Gileeeeeeeeeeee bener deh! Pengalaman pertama backpacking yang ancur, hahaha... Dadakan, penuh hal gak terduga, dan akhir yang gak tertebak. Tapi serrrrrrrru banget pake 'd' dan 'z'.

Next destination : Mei 2013. Batam-Singapura. Insya Allah : )

Komentar

  1. jembatan suramadu belum jadi ya?hehehe

    BalasHapus
  2. gilee jalan2 mulu, emang kerjanya dimana mbak? makmur banget kayaknya...hehe :D

    BalasHapus
  3. kuli biasa ;) alhamdulillah didoakan makmur... aamiin ya Allah

    BalasHapus
  4. Nie aq malah pengin ke Bandung dari Surabaya, turunnya di stasiun Bandung nya ato gmn ya?

    BalasHapus
  5. hm, tergantung naik kereta apa kali ya. kalo kereta ekonomi (KA Pasundan), turunnya di Stasiun Kiara Condong.

    BalasHapus
  6. tuh tiket kereta harga segitu,tahun berapa..

    BalasHapus

Posting Komentar