Ngurus ATM Hilang

Duoooh… Kayaknya saya emang gak dibiarin hidup tenang ya di sini. Ada aja terus yang bikin saya harus diam sebentar, mengatur nafas, dan berkata ke diri sendiri : calm…calm…calm…

Berapa waktu lalu, entah gimana ceritanya, kartu ATM yang biasanya ada di dompet tiba-tiba gak ada. Udah saya ubek-ubek seisi kamar, tetep aja gak ada. Terakhir kali yang saya inget tiga hari sebelumnya saya baru ngambil duit di sebuah ATM deket Pasar Paringin. 

Saya gak inget apakah setelah urusan selesai kartunya saya balikin lagi ke dompet atau ketinggalan. Yang jelas pas saya perlu narik lagi, kartu ATM saya lenyap gak berbekas.

Mana pas tanggalnya mesti bayar kos lagi. Ada sih kartu ATM yang satunya lagi. Yang jadi masalah, isinya yang gak ada, haha… Dan saya juga gak punya kebiasaan megang duit cash.

Berapa hari kemudian setelah yakin 100% ilang, saya ke bank. Saya diminta bikin surat keterangan kehilangan ke kepolisian dulu. Selesai? Nope

Ternyata bank di sini gak bisa membikinkan kartu yang baru karena bank saya syariah dan mereka gak punya aplikasinya, jadi saya disuruh ke kabupaten tetangga. Grrrr!

Sebelumnya saya meluncur dulu ke kantor polres. Seorang mbak-mbak melayani saya tanpa banyak bicara. Dia cuma ngomong ke saya pas minta fotokopi KTP dan buku tabungan. 

Sambil si mbak nya asik ngetik, saya diajak ngobrol sama seorang polisi yang ada di ruangan itu. Orangnya ramah. Bicaranya lembut. Lumayan ganteng juga. Sayangnya kayaknya seumuran sama bapak saya, hihi…

Pertamanya ngobrol basa-basi biasa. Pak polisinya kayaknya demen ngobrol. Jadilah dia yang lebih banyak nanya dan cerita. Lama-lama, gak inget asal-muasalnya, tiba-tiba aja obrolan merambah ranah pribadi. 

Bukan saya, tapi bapak polisinya yang jadi mendadak curcol. Bahwa dia udah bercerai, bahwa dia juga merasa bersalah atas terjadinya tragedi itu, dan bahwa dia masih berhubungan baik dengan mantan istri demi anak.

Mata saya memutar ke atas, dalam hati membatin, “Dan kenapa coba, Pak, saya mesti tau?”

Seolah bisa membaca pikiran saya, si bapak polisi kemudian berujar, “Nggak papa mbak kita cerita-cerita begini, buat jadi pelajaran,” katanya.

Kemudian, si mbak selesai ngetik dan surat yang saya perlukan untuk bikin kartu ATM baru pun udah di tangan. Saya membaca isi surat itu sekilas.

Gak berapa lama, saya mengernyit.

Di situ tertulis kronologis hilangnya kartu ATM saya. Tercecer di perjalanan dari Banjarmasin ke Paringin hari Minggu tanggal 13 Agustus 2014.

Wait, wait.

Kapan guweh ngomong gituuuuuuu?

Akh, birokrasi formalitas kayak gini ini nih yang saya sebel banget. Padahal apa susahnya sih si mbak nya nanya saya kapan dan dimana kartu ATM saya ilang? Untung aja bikin suratnya gak pake bayar.

Saya berjalan keluar dari ruangan itu, setelah hujan di luar mulai reda, sambil geleng-geleng.

Random place. Random people.

note : bikin kartu ATM baru ternyata gak ribet ya, berapa menit doang selesai, fiuuuuh...

Komentar