JELAJAH SULAWESI SELATAN : DAY 1, TOUCHDOWN MAKASSAR

Another unplanned journey. Another chaos.
 

Hahaha. Baru aja mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, udah ada kekacauan.

Tanggal 28 September 2013. Mestinya saya take off dari Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru jam 16.55 WITA. Sampe Makassar jam 18.00 WITA. Rencana saya sampe Makassar langsung ke PO Litha naik bus ke Toraja.

Tapi pesawatnya ngaret dan saya baru sampe di Makassar jam 19.30 WITA. Saya telpon PO Litha. Katanya, seat kosong masih ada, tapi mereka gak bisa lagi melayani pemesanan tiket untuk malam itu.

DWENG.

Agak bingung juga, pengalaman kalo pesan tiket bus bisa aja pas sebelum berangkat. Bahkan, pas di Bandung, saya udah ketinggalan bus, tapi busnya mau disuruh brenti demi nunggu saya. Kadang bus-bus itu juga masih bisa naikin penumpang di tengah jalan. Apa di sini beda ya? Apa di sini penumpang bus membeludak sampe harus booking dulu?

Saya coba telpon PO Bintang Prima. Tapi nomornya yang saya dapet di internet gak bisa dihubungi. Kebetulan saya cuma nyatet dua PO ini, karena paling banyak direkomendasikan. Dan di saat-saat genting seperti ini, jaringan internet BB malah gak bersahabat. GRRRRRR.

Udahlah, bawa salat dulu. Dan istighfar yang banyak. Semoga ada jalan.

Waktu di bandara Banjarmasin, saya kenalan sama Bang Iwan, orang Makassar yang jadi awak kapal di Kotabaru, Kalsel. Dia sedang cuti dan mau pulang kampung. Sampe di Makassar, akhirnya kita sharing ongkos taksi argo dan saya muter-muter nyari bus. Pertama kita ke PO Liman, saya gak tau apa yang terjadi, tapi mereka nyuruh ke PO lain.

Trus saya dianter ke PO Litha.  Eh, ternyata masih bisa dapet tiket. Tapi lebih mahal, Rp 150 ribu. Itu bus yang terakhir, berangkat jam 21.30 WITA. Hm, kayanya saya salah paham. Waktu ditelepon, saya bilang mau pesan tiket yang Rp 120 ribu. Bus itu berangkat jam 20.00 WITA. Udah gak kekejar, pantes aja mungkin pemesanan tiket gak dilayani lagi. Tapi operatornya gak  ngasih tau bahwa masih ada bus lain, dan saya juga gak kepikiran nanya. Ah,  yang penting bisa ke Toraja malam itu juga!

bus yang saya tumpangi

kondisi dalem bus
jadwal pemberangkatan & tarif bus Litha


PO Litha co
Jl Urip Sumoharjo, Makassar km 7 telp 0411-442263
Jl Gn Merapi 135, Makassar telp 0411-324847
0411-311055
Jl Pahlawan, Rantepao telp 0423-21204



PO Bintang Prima
Jl Perintis Kemerdekaan Ruko Tello No 22, Makassar telp 0411-4772888
Jl AYani No 100, Rantepao telp 0423-21142


Perjalanan dari Makassar ke Tana Toraja panjaaaaaaang dan laaaaamaaaa. Kira-kira saya baru akan sampe besok pagi jam tujuh. Jadi saya bobo dulu ya, sambung ceritanya kalo udah di Toraja. Nice sleep everyone, dare to dream 😉

Komentar

  1. kalo 2015 berapa ya tarif busnya pengen deh kesana traveling

    BalasHapus
  2. makasih mbak dengan info & jadwal bisnya. useful banget untuk saya & temans ada bis siang dari makassar ke tanatoraja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama.. senang banget kalo tulisan ini bermanfaat :-)

      Hapus

Posting Komentar