Get Lost in Kotabaru : Lomba Perahu Katir

Lomba perahu katir ini bagian dari rangkaian acara peringatan Hari Nusantara 2014 di Kotabaru bulan Desember lalu. Awalnya saya pingin ngikut di perahu katirnya. Itu sebelum saya tau perahu katir itu kayak apa. 

Begitu udah ngeliat wujudnya, BATAL! Hehehe... Omegot, cuma cukup buat sepasang kaki selonjor 😭

Lomba diikuti 20-an peserta, semuanya dari Pulau Kerayaan, Kecamatan Pulau Laut Kepulauan. Karena cuma nelayan di sana yang pake perahu tradisional jenis ini. 

Start lomba dari Pantai Gedambaan. Saya akhirnya ngikut di speedboat panitia yang ngawal peserta lomba di belakang.

Anyway, Pantai Gedambaan ternyata indah banget kalo diliat dari tengah laut.

























Dan baru kali juga saya bisa liat bagang dalam jarak sedeket ini...


Di tengah perjalanan, satu-persatu peserta berguguran. Iyalah, saya yang naik speedboat aja capek, sampe mabok laut dan sempet ketiduran pula, hahaha... Apalagi yang naik perahu. 

Perahu katir bergerak hanya dengan mengandalkan dorongan angin. Dari Pantai Gedambaan sampe finish di Siring Laut, itu kira-kira empat jam. 

Bayangkan kalo pake rute semula yang dirancang panitia, start-nya dari Pulau Kerayaan. Itu nelayannya saya tanya, katanya mereka berangkat dari Pulau Kerayaan sampe ke Kotabaru sekitar delapan jam.

Itupun perahu katir yang mereka naiki ditarik pake perahu mesin. Gimana kalo gak pake ditarik, ajegile...










Komentar