Biarlah Dunia Melihat Kita Selalu Bahagia


“Kayaknya lo sekarang lebih happy yak? Beda sama waktu di ***** dulu,” begitu bunyi pesan seorang temen di BlackBerry Messanger pada suatu hari.

Saya mengernyit. Berdasarkan apa ya dia bikin kesimpulan begitu? Padahal kami gak bisa dibilang deket apalagi akrab. 

Pernah jadi temen sekantor dulu, tapi sebentar aja. Setelah itu nyaris gak pernah ketemu lagi. Berkomunikasi juga bisa dihitung jari.

Kalo dia bisa menerawang kehidupan saya, barangkali cuma dari gadget-nya.

Salah satu hal yang saya syukuri, waktu masih ababil dulu, saya belum kenal handphone ataupun media sosial. Sekarang ketika keduanya ada di genggaman, pakenya udah bijak. 

Saya paling anti ngeluh atau ngegalau di status. Pernah sih sekali dua kali kalo udah sampe tahap gak tahan memendam, tapi itu pun gak eksplisit.

Ada beberapa orang yang saya kenal yang suka curhat di status. Sampe lagi berantem sama istri atau bermasalah sama mertua juga di status. Omaigat! Ada juga yang statusnya merana melulu.

Come on, bukan cuma dirimu yang punya masalah di dunia ini. Semua orang punya masalah dan beban hidup masing-masing.

Nothing is perfect, nobody is perfect. Jadi, gak perlu merasa bahwa kamu orang paling menderita sejagat raya.

Bukan, bukannya kita gak boleh mengeluh atau curhat. Tapi mungkin bisa ditumpahin dengan orang terdekat atau dengan-Nya sehabis salat. 

Gak harus seluruh dunia tau kan? Karena kadang bukan simpati yang akan kita dapet, tapi justru bikin orang lain eneg <--- reaksi saya sih biasanya, hihi…

Ah, BB BB gue, facebook facebook gue, masalah buat lo?

Iya, sih. Tapi satu hal, ketika kamu memberikan kesedihan pada dunia, apakah kamu berharap dunia akan memberikan kebahagiaan padamu?

Ada temen yang bilang suka gak ngerti dengan status yang saya pajang. Ambigu. Gak jelas saya tuh lagi sedih atau lagi happy. 

Kadang juga orang menafsirkan macam-macam, padahal yang dimaksud lain. Ahaha…  Seriously, status saya tuh gak usah dipikirin terlalu serius. 

Kadang saya cuma menuliskan apa yang terbersit di benak, tapi belum tentu menggambarkan yang ada di hati. Kalo lagi sedih, saya malah suka bikin status yang happy.

Daripada mellow-mellow, efeknya jadi dramatisasi. Tapi kalo nulis sesuatu yang positif, sedikit banyak menimbulkan energi.  

Pada hari yang lain, seorang temen mengirim pesan di BBM dengan nada mirip. “Lagi happy banget kayaknya. Ada apaan sih?” katanya.

Padahal waktu itu saya lagi sedih sesedih-sedihnya. Karena mau pindah tempat tugas, hehe… Di status BBM, saya memajang emoticon senyum.

Yah, biarlah dunia melihat kita selalu bahagia. Yang sedih-sedih, cukup disimpen di hati.

Komentar