WARTAWAN NYARI IKLAN, SAH-SAH AJA?

Kenapa ya 'durian runtuh' dipake buat istilah orang yang lagi ketiban rezeki? Kayaknya lebih pas buat orang yang lagi sial. Emangnya kejatuhan durian runtuh enak ya? #meringis# Ah sudahlah... Ga usah nambah-nambahin beban hidup kita dengan mikirin hal-hal yang ga perlu dipikirin.

Btw saya lagi dapet rezeki nomplok nih #nyengir selebar pager#. Ada order iklan yang masuk lewat saya dan nilainya cukup gede. Fee-nya... yaaaah... cukuplah buat libur tiga bulan, huahaha...

Saya sebenernya paling males ikut ngurusin iklan. Walau kalo berhasil menggaet pemasang iklan, ada fee dari kantor, lumayan sih buat tambahan penghasilan. Tapi susah ya jadi wartawan langka yang masih menjunjung tinggi dan memegang teguh idealisme bangsa saya ini #siap-siap dihujat#. 

Menurut saya, media yang profesional itu mestinya melarang wartawannya nyari iklan. Wartawan mestinya nyari berita aja. Kebanyakan media yang membolehkan wartawannya mencari iklan adalah yang membayar karyawannya dengan rendah. KataNYA loh, bukan kata saya.

Kalo versi saya kenapa wartawan mestinya ga ikut nyari iklan, pertama, nyari iklan itu ya lahannya bagian iklan. Kedua, kalo wartawan ikut nyari iklan, berpotensi memengaruhi idealismenya. Di zaman kapitalis ini, media itu tuhan-nya uang. Takutnya bukan sama penguasa lagi kayak masa orde baru, tapi sama pemasang iklan! 

Pemasang iklan itu kayak invisible hands yang bisa mengintervensi kebijakan pemberitaan. Kalo si pemasang iklan kena kasus, nulis beritanya pasti serba salah, bisa ga objektif, atau malah ga diberitain, atau yang lebih parah diputarbalikkan faktanya, daripada si pemasang iklan kabur. Sebaliknya, memasang iklan juga dijadikan alat untuk membungkam media dan meredam pemberitaan yang jelek-jelek, kalopun diberitain juga ga terlalu cetar. Sometimes pihak yang 'punya' uang ini merasa mereka sudah 'membeli'. That's why saya GA SUKA berurusan dengan uang #miris#. 

Lagian, saya orangnya suka ga tegaan juga nawar-nawarin iklan. Pasang iklan di koran itu ga murah loh, itungannya permilimeter. Sebagai perbandingan, order iklan durian runtuh yang saya ceritain di awal tadi kalo dibandingin di TV biayanya sepuluh kali lipat. Gileh. Kadang suka sebel sama pemda-pemda atau anggota DPR yang rutin pasang iklan tiap bulan, bahkan tiap minggu. Coba itu anggaran publikasi dialihkan buat hal-hal yang lebih bermanfaat daripada sekadar pencitraan. Hah.

Alesan lainnya saya ga suka ngurusin iklan adalah kalo tukang ordernya ribet. Misal, neken harga serendah-rendahnya, tapi masih mo minta bagian dari biaya iklannya. Ini ngehek bener. Lebih ngehek lagi ngadepin pemasang iklan yang nunggu ditagih dulu baru bayar. Malesssssssss banget deh ngejar-ngejar, kek naksir orang tapi ga ditaksir balik gitu lah rasanya #heh!#. 

Jadi, biasanya order iklan yang saya tangani itu bukan karena saya yang nawarin, tapi kebetulan aja lewat saya, misalnya karena si pemasang iklan ini kenalnya sama saya dan mungkin ga tau jalurnya kemana atau emang ga mau repot berurusan lewat kantor. 

Balik ke order iklan durian runtuh yang nilainya membahana badai. Si pemasang iklan ini adalah sebuah instansi pemerintah. Manajer iklan di kantor yang minta saya ngasih penawaran iklan ke mereka, karena saya kebetulan kenal baik sama pejabatnya gara-gara sering liputan di sana. 

Jujur ya, saya sebenernya mau nolak, tapi ga enak sama si manajer. Ga semua orang punya pola pikir yang sama seperti kita, dan ga selamanya orang bisa dibuat mengerti jalan pikiran kita. Maka, dengan perasaan harga diri yang terjerembab serendah-rendahnya, saya hubungilah salah satu pejabat di instansi itu. 

Sumpah niat saya cuma jadi perantara, bukan sebagai makelar. Bedanya apa ya? Hahaha. Maksudnya, saya cuma bantu mengomunikasikan dan males ikutan masalah order iklannya dan ga mikiran fee-nya. Eh ga taunya pas surat penawaran iklannya dikirim ke instansi itu, ternyata atas nama saya.

Si pemasang iklan ini lumayan cerewet, yang bikin saya dari kemaren senewen. Pas ngambil materi iklan ke kantornya kemaren, dia ngomel-ngomel soal servis koran tetangga. Duh, dalem hati saya, kalo nanti iklannya terbit dan ga sesuai keinginannya, bisa-bisa saya juga dighibahin begitu rupa. 

Pokoknya tadi malem saya ga tenang deh. Sampe susah tidur. #bohong, semalem saya tidur telat gara-gara maen game Plants vs Zombies#. Besoknya, pagi-pagi si pejabat telpon dan komplen ada yang salah sama format iklan yang diterbitin hari ini tadi. DWENG. 

Habis dia nelpon itu, saya bela-belain ke kantor buat ngecek apa yang salah. Diperhatiin, semuanya udah pas sama format iklan yang dikasih anak buahnya, ga ada sedikitpun yang diubah. Kan pesannya harus sesuai format. Saya udah naik pitam tuh. Maunya apa sih?!

Dari kantor, saya lalu nemuin si pejabat. Saya bilang bahwa iklan yang terbit itu sudah sesuai format dan ga ada setitik pun yang diubah. Eh abis itu dia tiba-tiba bilang kalo anak buahnya yang salah ngasih format. Dan pemasangan iklan diperpanjang dua hari. Wew. 

Masih mangkel sih. Tapi membayangkan fee yang lipat tiga itu cukup jadi pelipur, hehehe...  Moga aja instansi si pejabat ini termasuk yang taat bayar iklan, ga bikin hidup saya tambah ribet, dan fee-nya cepet cair. Kalo udah cair, yang pertama mo saya lakuin adalah ... 

Beliin mamah baju lebaran : ) .

Komentar