Get Lost in Kotabaru : Pulau Kerasian (part #3)

Icip-icip Jepa, Pengganti Nasi ala Suku Mandar

Mayoritas penduduk Kotabaru adalah orang Sulawesi. Khususnya arah ke barat sampe selatan, didominasi suku Mandar. 

"Mandar itu katanya serem, ya?" tanya saya suatu kali ke seorang temen yang orang Kotabaru.

"Kata siapa? Gak lah!" kata si temen sambil ketawa.

Orang bilang Mandar itu Dayak-nya Sulawesi. Identik dengan ilmu-ilmu hitam gitu. Gimana gak keder saya mau main ke kampung mereka?

Tapi semakin saya mengenal macem-macem orang, semakin saya merasa bahwa kita perlu mengabaikan stereotip bahwa suku A ini begini atau suku B itu begitu. 

Saya selalu dibuat terkejut. Orang Dayak, orang Bugis, orang Mandar, semuanya baik, sangat baik.

"Kak, pernah makan jepa?" tanya Rusmiany.

"Apa itu?" saya nanya balik.

"Itu makanan khas sini. Dari singkong. Enak," katanya.

Beruntungnya saya, kakak dari ibunya Rusmiany ygbikin jepa setiap hari buat dijual. Jadilah saya bisa ngintip cara pembuatannya sekalian icip-icip.


Jadi, jepa itu adalah makanan khas orang Mandar, sebagai pengganti nasi dulu pas zaman beras susah. Bahan dasar pembuatan jepa sangat sederhana, yakni kelapa dan ubi jalar atau singkong.

Pertama-tama kelapa diparut dengan alat yang disebut pakelu. Saya baru pertama kali ngeliat parutan aneh kayak gini. 

Bukan plat logam berduri-duri yang biasa dipake ibu saya di rumah. Tapi bentuknya balok kayu dengan pisau di ujung. 

Cara marutnya juga ajaib. Kelapanya gak dikupas, cukup dibelah dua, trus dagingnya diserut dari dalam. Voila... hasil parutannya putih bersih.



Selesai diparut, kelapa dicampur dengan singkong yang juga sudah lebih dulu diparut. Sebelumnya singkong parut diayak sampai halus menyerupai tepung.


 

Nah, untuk alat masaknya juga unik, sangat tradisional. Kompornya tungku dengan kayu bakar, trus wajannya semacam piring kayu yang disebut panci panggang (kalo mereka lafalnya panci 'pangang'). 

Piring itu dipanaskan, trus adonan kelapa dan singkong dibuat seperti dadar. Udah gitu, di atasnya ditumpuk lagi pake piring kayu yang lain. Di atas piring kedua, dibuat lagi dadar. Sambil dibolak-balik. Begitu terus, sampe adonan habis.


 
 
 
 

Jepa sekilas mirip roti tawar, tapi teksturnya lebih padat dan keras. Kalo dimakan gitu aja, ya gak ada rasanya. 

Tadinya saya gak ngerti apa enaknya. Tapi pas balik ke rumah dan saya disuruh makan pake ikan, OMAIGAT, enak gilaaaaaaa...

Enggak, saya gak lebay, sumpah. Gak tau kenapa, roti tawar yang keras itu pas dimakan sama ikan bisa jadi enak begitu. Lebih enak daripada makan pake nasi. Cobain, cobain :D

Komentar

  1. eehh,,, ada Cammi lg masak jepa,, ,,

    Jepa adalah makanan Khas suku Mandar,, ,, cara membuatnyapun gk gampang-gampang susah,, butuh keahlian khusus, , , Singkong yg sudah diparut harus diperas airnya, ,dan dicampur dengan parutan kelapa,, ,,memasaknya harus memakai tungku dan tidak boleh memakai kompor gas dll karena itu akan menghilangkan aroma khas jepa,, ,, oh iya Neng, wajan yg dipakai buat masak itu disebut Panjepangang / Jepangang, dan tungkunya disebut Pallu yg terbuat dari tanah,, brg tsb sengaja didatangkan dari sulawesi barat, ,karena produksinya hanya ada disulawesi. Jepa juga ada beberapa jenis diantaranya Jepa Tawaro (Jepa Sagu), Jepa Ma'u (Jepa yg sudah dingin agak keras tp), Jepa nigollai (Jepa Sagu yg dibalur gula aren) dan yg biasa dibawa u/ bekal org" yg berlayar di sebut Jepa-jepa (Jepa tidak pakai kelapa, sengaja dibuat tipis-tipis dan dijemur supaya mengeras biar awet jepanya).

    Menikmati Jepa, akan lebih mantab lagi kalau ketemu lawannya, ,yaitu Bau Peapi (Ikan Pindang), ikan yg dimasak dgn kuah (Makanan Khas suku Mandar).

    BalasHapus
  2. ok, terimakasih koreksinya, setahun di kotabaru ternyata belum bisa membuat kuping ini terbiasa dengan bahasa bugis dan kawan2nya, hahaha

    ya ampun, teringat jepa dan ikan pindang, jadi ngileeeer

    BalasHapus

Posting Komentar