Simpanlah Masa Lalumu


Kalo diinget-inget, kayaknya saya lebih banyak punya teman laki-laki daripada perempuan. Bukannya apa-apa, tapi semata karena faktor lingkungan, yang mulai kuliah sampe kerja didominasi kaum pria.

Meski banyak bergaul dengan mereka, saya kadang masih suka heran, ternyata cowok itu bisa curhat juga, ya... Saya pikir dengan stereotip sebagai makhluk yang cuek, para cowok gak pernah ngeburai-burai masalah mereka. Khususnya, masalah hati.

Suatu hari, seorang teman laki-laki datang ke rumah. Teman satu kampus, beda fakultas, ketemunya di UKM. Belum lama kenalnya. Beberapa kali dia terkesan memaksa mau ke rumah dengan berbagai alasan, cuma gak pernah saya iyakan.

Kali ini alasannya mau ngambil foto-foto kegiatan UKM kami saat mengisi kegiatan ospek. Biasanya kalo dia minta apa-apa, selalu saya anterin ke tempat kerja part time-nya. 

Atau kalo malamnya saya ada siaran, saya suruh mampir ke radio setelah dia pulang kuliah. Tapi hari itu saya capek banget dan kebetulan bulan puasa, akhirnya saya biarkan dia ke rumah.

Setelah selesai mengopi foto, dia gak langsung pulang. Kami ngobrol ngalur-ngidul di ruang tamu. Dan gak ingat gimana awalnya, tiba-tiba dia... curhat.

Dia cerita kalo sebelumnya dia punya pacar, udah jalan cukup lama (empat tahun kalo gak salah), lalu tiba-tiba putus (lupa apa sebabnya). Dia frustrasi, tapi alih-alih cari cewek lagi, dia justru memutuskan menyambung kuliah S1 untuk mengobati patah hati.

Untuk beberapa detik saya mencoba mencerna situasi.

Oke... Jadi, kamu ingin saya menanggapinya gimana? 

Saya gak tau harus berkata apa, bingung. Jadi saya cuma ngangguk-ngangguk.

Tapi yang paling aneh tuh, pas saya dicurhati masalah rumah tangga. Krik krik. Padahal di kantor kami hanya akrab selayaknya teman kerja. Dia sudah nikah dan gak tau kenapa istrinya kayaknya agak sinis sama saya. Aih, jealous kah? Males bangeeeet...

Makanya, saya heran ketika pada suatu malam dia tiba-tiba membuka urusan dapur rumahnya ke saya. Kenapa dia bisa menganggap bahwa saya adalah orang yang tepat untuk dicurhati? Jangankan pengalaman berumah tangga, jodohnya aja masih tanda tanya. #KODE

Mungkin sebenarnya cowok-cowok itu bukan mau curhat. Tapi sekadar bercerita, mengeluarkan uneg-uneg, ingin didengarkan, dan gak perlu ditanggapi. Entahlah. Saya gak ngerti.

Sama gak ngertinya ketika lagi-lagi ada seorang teman laki-laki tiba-tiba menceritakan rahasianya yang terdalam tentang seorang perempuan di masa lalunya.

Sebelumnya kami gak pernah sekalipun membicarakan hal-hal pribadi, apalagi tentang kehidupan masing-masing. Kalo ngobrol selalu soal kerjaan atau yang ringan-ringan.

Sekali ini lagi-lagi saya clueless. Dia gak perlu saran dan masukan dari saya. Jadi, buat apa dia cerita?

Tapi somehow saya ngerasa dia tuh kayak mau mancing saya buat cerita juga. 

Saya menggeleng dan berkata, "Buat saya, hal-hal kayak gitu bukan buat diceritain."

Kita gak bisa membangun masa depan dengan seseorang yang masih hidup di masa lalu. Jadi, simpanlah.

Komentar

  1. Wah,,, blog ini kontennya beragam, kayak gado-gado. Mungkin yang punya sukanya makan-makan kali ya,,,

    BalasHapus
  2. Oalah, makanya jejaknya banyak tertinggal dan tercecer di mana-mana.

    BalasHapus
  3. termasuk di hatimu juga kah?

    gkgkgk

    kalo pake WA, kontak fitri dong 082111276344, kontak yg lama ilang semua

    BalasHapus

Posting Komentar